10 Cara Merawat Mesin Fortuner agar Tidak sering Masuk Bengkel

Kondisi mobil yang sehat dan tidak bisa diketahui dari suara mesinnya. Komponen utama mobil yang jika mengalami kerusakan membutuhkan biaya perbaikan yang cukup besar. Berikut ini cara merawat mesin Fortuner agar tidak sering masuk bengkel dan Anda bisa hemat biaya pengeluaran.

1.      Penggantian Oli Berkala

Oli adalah bagian yang akan sangat mempengaruhi performa mesin mobil bisa bekerja dengan optimal atau tidak. Lakukan penggantian oli berkala sesuai dengan yang ada di buku pedoman mobil karena setiap mobil tentu ada ketentuannya. Oli yang digunakan tentunya sesuai dengan tipe dan kapasitas dari mesin mobil.

2.      Periksa Cairan Radiator

Cara merawat mesin Toyota Fortuner dengan melakukan pemeriksaan cairan radiatornya jangan sampai kekeringan. Fungsi dari cairan radiator untuk menetralisir panas mesin mobil. Jika kekurangan cairan radiator dalam waktu lama bisa menyebabkan mesin mengalami overheat, mogok, bahkan bisa terjadi kerusakan di bagian komponen internal mesin.

3.      Kebersihan Saringan Udara Mesin

Cara selanjutnya untuk merawat mesin mobil adalah membersihkan saringan udara mesin agar pemakaian bahan bakar tidak boros. Saringan udara ini bisa dibersihkan dengan menggunakan lap atau sikat yang halus. Bersihkan debu dan tanah yang tertinggal di kotak saringan mesin tersebut. Lebih baik lagi jika saat membersihkannya menggunakan kompresor angin khusus saringan ini.

4.      Kendarai Mobil dengan Putaran Mesin Tinggi

Saat mesin mobil tidak dihidupkan beberapa hari akan menimbulkan kerak pada mesin mobil, jadi perlu sesekali untuk mengendarai mobil dengan putaran mesin tinggi. Tidak perlu lama cukup beberapa detik atau sekitar 5 menit saja. Tujuannya untuk membakar kran mesin dan keluar lewat knalpot mobil. Anda bisa melakukan ini saat sedang memanaskan mesin mobil di rumah.

5.      Servis Rutin

Cara merawat mesin mobil tentu tidak bisa dilupakan dengan melakukan servis rutin. Servis ini merupakan perawatan jangka panjang dan sekaligus mengetahui jika ada komponen mobil yang sedang mengalami kerusakan atau perlu dilakukan penggantian.

6.      Mengendarai dengan Baik

Daya tahan mobil juga dipengaruhi dengan cara Anda mengendarainya. Jika mobil manual digunakan dengan terlalu sering mengganti kopling yang disesuaikan dengan kondisi jalanan, mesin mobil tidak akan kelelahan.

Hal ini karena Anda melakukan penukaran gigi dan kecepatan yang selaras. Jika Anda sering melakukan rem mendadak dan ugal-ugalan Akan membuat bahan bakar menjadi boros dan kinerja mesin pun lama-kelamaan akan menurun.

7.      Bersihkan Mesin

Mesin juga komponen mobil yang perlu dibersihkan agar tidak mudah rusak. Saat membersihkan mesin mobil gunakanlah produk pembersih yang memang dibuat khusus untuk mobil. Lakukan pembersihan mesin mobil ini satu bulan sekali agar tidak menimbulkan korosi atau efek berbahaya lainnya. Anda bisa membeli produk dengan kandungan alkali yang lebih ampuh.

8.      Status Bahan Bakar

Bahan bakar yang seringnya dianggap sepele ternyata pengaruhnya bisa ke bagian mobil. Ketika Anda melakukan pengisian bahan bakar yang tidak penuh bisa menyebabkan terjadinya penumpukkan kotoran dan kerak. Lakukanlah pengisian bahan bakar sampai penuh yang akan membantu menjaga mesin mobil dari berbagai jenis dan bahanya.

9.      Tune Up

Lakukan proses tune up yang akan memeriksa seluruh komponen mobil secara keseluruhan. Perawatan ini dilakukan ke bengkel dengan teknisi yang memang memiliki keahlian terkait mesin mobil. Lakukan secara rutin satu bulan sekali atau tiga bulan sekali akan sangat membantu mengurangi pengeluaran karena adanya kerusakan.

10.  Cek Starter Mobil

Ternyata melakukan pengecekan starter mobil merupakan langkah perawatan mesin mobil yang baik. Ketika mesin sulit dihidupkan bisa saja karena adanya kerusakan di bagian staternya. Saat Anda kesulitan menghidupkan stater bisa jadi ada kerusakan. Masalah stater bisa terjadi jika suplai bahan bakar tidak sesuai atau selalu kurang saat mengisi bahan bakar.

Mobil sehat atau tidak diketahui dari suara mesinnya yang terdengar keras atau berisik. Anda bisa mendapatkan mobil yang berkualitas tinggi dengan memilih mobil Fortuner dengan berbagai keunggulan. Pembelian bisa dilakukan secara online atau pun dengan menghubungi CS dari pihak mobilnya, sekaligus untuk mengetahui budget yang dibutuhkan agar bisa segera diproses.