2 Manfaat Fintech Syariah Bagi Pelaku UMKM

Ada berbagai macam bermunculan perusahaan yang memberikan pinjaman online atau fintech P2P (Peer to Peer) Lending. Fintech P2P Lending ada dua macam, yaitu yang konvensional dan fintech Syariah.

Selama ini masyarakat hanya mengetahui kalau fintech P2P lending yang ada di Indonesia hanyalah yang konvensional saja. Namun faktanya fintech berbasis syariah juga sudah mulai bermunculan dan mulai dicari oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

Selain berlandaskan pada syariah Islam, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Menariknya lagi ternyata dana yang didapatkan dari fintech tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai modal membangun bisnis saja loh!

Fintech yang berbasis syariah tersebut memiliki beberapa manfaat lainnya yang wajib untuk diketahui oleh masyarakat, terutama pelaku UMKM. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Manfaat Memakai Fintech Syariah

Ada berbagai macam bermunculan fintech Syariah. Kehadirannya merupakan waktu yang tepat, karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan yang bertujuan untuk kemaslahatan umat. Jadi, apa saja manfaat dari fintech berbasis Syariah tersebut.

Tanpa riba

Sebagai umat Islam pastin tahu akan bahayanya riba bagi kehidupan. Fintech berbasis Syariah ini bebas dari riba dan tanpa adanya bunga, sehingga aman ketika diperkenalkan sebagai produk yang halal bagi seluruh umat Islam di Indonesia.

Lalu bagaimana cara fintech tersebut mendapatkan keuntungan? Dalam syariat Islam terdapat sistem berbagi keuntungan. Jadi, ada pembagian keuntungan dan risiko bersama-sama. Tidak ada pengembalian modal ketika bisnis tersebut mengalami kerugian.

Membantu semua pelaku UMKM

Salah satu manfaat utama untuk fintech berbasis Syariah adalah mereka siap membantu pelaku UMKM dalam memberikan modal untuk mengembangkan bisnisnya. Tanpa syarat yang menyulitkan sehingga setiap pelaku UMKM mempunyai kesempatan untuk melebarkan sayap bisnisnya.

Meskipun tidak termasuk dalam fintech berbasis Syariah, PT Kredit Utama Fintech Indonesia termasuk salah satu perusahaan yang akan membantu dalam memberikan pinjaman dengan mudah. Bahkan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK, yang pastinya aman jika dipakai oleh pengguna yang ingin membangun bisnis.