3 Fakta Seputar Jam Tangan Citizen yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Seperti yang kita tahu, citizen merupakan salah satu brand jam tangan yang diproduksi oleh perusahaan asal Jepang. Pada Perang Dunia II, nama perusahaan sempat berganti karena adanya kepentingan untuk tidak menggunakan nama yang bersifat kebarat-baratan. Akan tetapi, nama perusahaan citizen kembali digunakan setelah Perang Dunia II sudah berakhir. Nah selain sejarahnya yang unik, kita pun tidak boleh melewatkan 3 fakta seputar brand jam tangan citizen berikut ini ya!

1. Dapat melakukan sinkronisasi

Ternyata, citizen memiliki salah satu keunggulan yang dikenal sebagai atomic timekeeping yang merupakan jam tangan Skyhawk A-T dengan fitur radio controlled timekeeping. Maka dari itu, tidak heran jika jam tangan yang satu ini memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi terhadap jam radio yang bukan hanya ada di Jepang saja, melainkan juga di Amerika Utara dan Eropa. Maka dari itu, secara otomatis kita dapat memilih frekuensi yang sesuai sehingga dapat menyesuaikan jam tangan kita dengan lokasi home time zone.

Selain itu, jam tangan yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk melacak adanya penggunaan dua zona waktu yang terdiri atas waktu home dan waktu world. Akan tetapi, jam tangan ini pun akan kembali melakukan sinkronisasi pada zona home. Ketika kita sedang bepergian, maka kita bisa menukarkan antara zona home dan zona world, yang kemudian memungkinkan jam tangan untuk menerima sinyal tepat pada benua yang berbeda. Di sisi lain, jam tangan tersebut akan mempertahankan ketepatan waktu yang ada pada zona lainnya.

2. Model yang unik serta memproduksi barang lain selain jam tangan

Ketika kita ingin membeli jam tangan citizen, maka kita dapat memilih tiga model jam tangan. Salah satunya jam tangan kontemporer yang juga merupakan produksi dari lini Watches Independent. Jam tangan yang satu ini memiliki desain yang kontemporer serta terlihat lebih modern apabila kita bandingkan dengan jam tangan citizen yang biasanya identik dengan hal-hal tradisional. Tentu saja, jam tangan ini juga memiliki variasi pada pasar, ada yang diberikan label sebagai lighthouse, secret, dan lain sebagainya.

Ternyata, selain menjadi produsen jam tangan, citizen juga memproduksi kalkulator dan organizer elektronik. Ketika tahun 1980 an, terdapat perangkat-perangkat permainan elektronik yang pada waktu itu dihadirkan pada merek Q&Q. Kemudian, ketika tahun 1990, Citizen mulai menjalin kemitraan dengan Compaq Computer Corporation yang merupakan produsen komputer notebook dan mengarah pada pasar Jepang dan Timur yang brandnya kemudian dikenal sebagai Compaq.

3. Jam tangan yang ramah lingkungan

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengenai jam tangan citizen yang ramah lingkungan atau tidak? Jawabannya ialah iya, jam tangan yang satu ini dikenal sebagai jam tangan ecodrive yang memiliki berbagai fitur untuk memudahkan penggunanya. Selain menguntungkan dari sisi pengguna, jam tangan ini juga dikenal lebih ramah lingkungan. Pasalnya, melalui teknologi eco drive, jam tangan ini akan melakukan pengisian ulang baterai menggunakan tenaga surya. Makanya, kita tidak perlu mengganti baterainya ketika habis.

Sementara itu, model jam tangan citizen yang eco drive ini juga menjadi salah satu jam tangan yang memiliki fitur atomic timekeeping sehingga membuat jam tangan menjadi lebih akurat. Pada dasarnya, sebagian besar jam tangan citizen yang baru diproduksi sudah dilengkapi dengan teknologi eco drive walaupun model-model entry level belum dilengkapi dengan teknologi ini.