5 Alasan Beli Mobil Bekas Masih Jadi Pilihan bagi Banyak Orang

Mobil masih menjadi moda transportasi yang banyak diminati, khususnya bagi keluarga. Hal ini lantaran menggunakan mobil dirasa lebih aman dan nyaman, dibandingkan jika harus menggunakan motor ataupun moda transportasi umum. Oleh karena itu, tak jarang orang pun rela beli mobil bekas karena beberapa alasan berikut ini:

1. Hemat Biaya

Faktor paling penting yang membuat orang beli mobil bekas adalah karena jauh lebih hemat dibandingkan dengan beli mobil baru. Sudah barang tentu, mobil bekas akan punya harga yang lebih murah dibandingkan mobil yang baru keluar dari pabriknya. Jadi, masih banyak orang yang lebih tertarik untuk membeli mobil bekas seperti ini.

Sebagai perbandingan saja, harga mobil Honda Jazz misalnya, yang baru keluar berkisar antara 250 sampai 300 juta rupiah. Sementara itu, jika beli Honda Jazz bekas bisa diperoleh kurang dari 200 juta saja. Jelas, tawaran yang terlalu menarik untuk diabaikan. Oleh karena itu, pesona mobil bekas memang tidak main-main.

2. Upgrade Model dengan Harga Terjangkau

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, mobil bekas memiliki harga yang jauh lebih murah. Jadi, bisa dipastikan bahwa dengan harga yang cukup terjangkau akan bisa memperoleh mobil bekas yang masih lumayan dengan harga yang jauh lebih miring. Ini bisa dijadikan cara untuk upgrade model mobil tanpa harus menguras isi rekening tabungan.

3. Berkendara Lebih Santai

Membeli mobil bekas dengan membeli mobil baru akan memiliki dua sikap yang berbeda. Saat membeli mobil baru, pasti akan diliputi rasa kekhawatiran berlebih serta kehati-hatian ekstra, takut kalau si mobil akan kenapa-napa. Sementara itu, jika membeli mobil bekas, maka rasa khawatir ini pun akan sirna dan bisa berkendara dengan lebih nyaman tanpa rasa takut berlebih.

Kalaupun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, pasti hanya akan berujar, tak masalah karena ini adalah mobil bekas. Bayangkan saja, jika itu adalah mobil baru, maka pasti tidak akan bisa bersikap santai seperti itu.

4. Penurunan Nilai Mobil Tidak Signifikan

Mobil adalah salah satu barang yang akan semakin turun nilainya semakin bertambahnya waktu. Seperti contohnya Honda Jazz yang sudah sempat disebutkan di atas, harga barunya bisa mencapai angka 300 juta, sementara Honda Jazz bekas berkisar di bawah 200 juta saja. Dari situ bisa dilihat, bahwa Honda Jazz ini mengalami penurunan nilai.

Jika membeli mobil baru, maka penurunan nilai ini akan sangat terasa sekali. Jika beli baru, selain biaya pembelian di awal, maka harus juga menyiapkan untuk maintenance berkala. Belum lagi jika ingin menambahkan aksesoris ini dan itu, maka sudah pasti biaya yang dikeluarkan akan jadi lebih besar.

Akan tetapi, saat menjualnya, maka tidak akan berpengaruh banyak pada harga jual kembalinya. Yang akan dilihat hanyalah bahwa harga kisaran beli mobil bekas untuk Honda Jazz adalah sekian. Maka harga itulah yang akan dijadikan tolok ukur.

5. Biaya Asuransi akan Jauh Lebih Murah

Bagi yang terbiasa untuk mengasuransikan mobilnya, maka pasti akan merasakan bahwa biaya asuransi mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi untuk mobil baru. Masih Honda Jazz yang akan dijadikan contoh di sini, biaya asuransi yang perlu dikeluarkan untuk yang baru dan Honda Jazz bekas jelas akan jauh bekas akan jauh berbeda.

Ada banyak alasan mengapa orang lebih senang beli mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru. Hanya saja, saat membeli mobil bekas, pastikan untuk meneliti dengan seksama, jangan sampai salah membeli. Bisa-bisa bukannya mendapatkan keuntungan seperti yang sudah dijelaskan di atas, justru malah harus keluar uang banyak demi memperbaiki mobil yang dibeli.