5 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Dengan Nik Yang Mudah Dan Aman

Meninjau Rencana Penghapusan Kelas 1-3 BPJS Kesehatan di 2022

BPJS Ketenagakerjaan memungkinkan kamu sebagai pekerja untuk mendapatkan program jaminan sosial ekonomi sesuai dengan kemampuan serta kemampuan negara. Peserta yang terdaftar sebagai anggotanya akan mendapatkan nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek).

Meski demikian, kartu keanggotaan BJPS Ketenagakerjaan bisa saja terselip, atau lupa menaruh, atau bahkan hilang. Jika kartu anggota BJPS Ketenagakerjaan sudah tidak ada, kamu mungkin akan lupa nomornya. Lupa nomor BJPS Ketenagakerjaan tentu sangat merepotkanmu, apalagi jika membutuhkannya secara mendesak.

Nomor kepesertaan BJPS Ketenagakerjaan terbilang penting, salah satunya saat kamu ingin cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT). Selain itu juga untuk memastikan apakah kepesertaan kamu masih aktif atau tidak.

Jika kamu mengalami lupa menaruh kartu keanggotaan BJPS Ketenagakerjaan atau hilang, kamu tidak perlu cemas dan bingung. Karena kamu masih tetap bisa mengetahui nomor BJPS Ketenagakerjaan degan melakukan pengecekan tanpa adanya kartu keluarga, atau bisa dibilang hanya menggunakan NIK KTP saja.

Lantas, bagaimana cara cek no BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK? Simak 5 caranya yang mudah dan aman dibawah ini !

1. Hubungi HRD Perusahaan Atau Tempat Dimana Kamu Bekerja

Cara pertama adalah dengan menghubungi bagian Human Research Development (HRD) perusahaan atau tempat dimana kamu bekerja. Divisi HRD ini memiliki database yang tersimpan meliputi data pribadi, NIK, alamat, nomor handphone, nomor BJPS Ketenagakerjaan, dan informasi lain milik karyawan.

Jadi, menghubungi divisi HRD adalah cara tepat yang bisa kamu dilakukan. Sampaikan maksud dan tujuanmu, sampaikan pada HRD tentang kartu BPJS kamu yang hilang.

2. Cek Melalui Link SSO BJPS Ketenagakerjaan

Selain melalui HRD, kamu bisa mengecek nomor BJPS Ketenagakerjaan secara mandiri melalui link SSO BJPS Ketenagakerjaan. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Masuk terlebih dahulu ke peramban Google.
  • Lalu, ketik sso.bpjsketenagkerjaan.go.id.
  • Masukkan email dan password.
  • Silahkan centang kotak disamping tulisan “Saya bukan robot”.
  • Pilih menu “Login”.
  • Terakhir pilih cek kartu digital, kemudian akan ditampilkan nomor BJPS Ketenagakerjaan

3. Memanfaatkan Aplikasi BPJSTKU

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi BPJSTKU. Namun, pengguna smartphone perlu menginstal terlebih dahulu aplikasi ini melalui Google Playstore atau App Store.

Meski demikian, kamu harus sudah memiliki akun terlebih dahulu di aplikasi BPJSTKU. Nomor BJPS Ketenagakerjaan tidak bisa dicek jika kamu belum pernah melakukan pendaftaran akun.

Namun, bagi kamu yang sebelumnya pernah registrasi akun di aplikasi BPJSTKU, ikuti langkah – langkah dibawah ini :

  • Buka lalu login ke aplikasi BPJSTKU.
  • Input alamat email dan password.
  • Lalu, pilih menu Kartu Digital.
  • Kemudian akan muncul digit angka nomor BJPS Ketenagakerjaan di layar smartphone kamu.

4. Melalui Call Center BJPS Ketenagakerjaan

Adapun cara lain adalah dengan menghubungi call center BJPS Ketenagakerjaan di nomor 175. Namun, untuk melakukan panggilan ini tidak gratis atau bisa dibilang berbayar dengan menggunakan pulsa jika dari HP.

5. Mendatangi Kantor BJPS Ketenagakerjaan Terdekat

Jika keempat cara diatas tidak membantu, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mendatangi kantor BJPS Ketenagakerjaan dengan membawa KTP. Nanti disana petugas akan memeriksa nomor keanggotan kamu dengan menggunakan NIK KTP.

Itulah 5 cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK yang mudah dan aman jika kartu BPJS kamu terselip, lupa menaruh, atau hilang.