5 Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga Di Desa

Peluang usaha itu selalu ada dimanapun, termasuk saat Anda tengah tinggal di daerah pedesaan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan biaya tambahan, ada banyak peluang usaha ibu rumah tangga di desa yang dapat dicoba.

Anda tidak perlu harus bekerja di kota-kota besar untuk memulai usaha karena banyak juga peluang usaha yang potensial di desa. Apalagi jika Anda dan pasangan ingin menetap di desa agar tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Berikut ini telah kami rangkum beberapa contoh peluang usaha ibu rumah tangga di desa yang dapat Anda coba.

1. Beternak

Lahan yang ada di desa tentu masih luas, sehingga potensi untuk membuka usaha ternak sangat memungkinkan. Misalnya dengan beternak ayam, bebek, sapi, atau kambing.

Hanya saja untuk memulai usaha beternak diperlukan lahan terpencil supaya tidak mengganggu masyarakat sekitar. Ternak kambing dan bebek bisa menjadi opsi jika Anda tidak ingin memberikan perhatian yang ekstra.

2. Budidaya Ikan Air Tawar

Anda bisa memulai usaha budidaya ikan air tawar jika memang mempunyai lahan yang dekat dengan aliran sungai. Jenis ikan tawar yang bisa Anda budidayakan beragam, contohnya adalah ikan mas, nila, lele, dan sebagainya.

Jika tidak ingin melakukan perawatan yang ekstra, Anda bisa melakukan budidaya ikan lele. Apalagi sekarang telah banyak orang yang melakukan budidaya ikan lele dengan sistem bioflok.

3. Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan air tawar memang merepotkan karena perawatannya yang tergolong sulit. Jika Anda merasa demikian, Anda bisa mencoba usaha budidaya ikan hias.

Banyak pilihan ikan hias yang dapat Anda budidayakan mulai dari air tawar hingga air laut. Namun perlu Anda ketahui bahwa setiap ikan yang ada di air laut dan air tawar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

4. Usaha Tanaman Hias

Peluang usaha di desa yang selanjutnya menjanjikan di desa adalah jualan tanaman hias. Ide bisnis yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka bercocok tanam.

Sekarang telah banyak orang yang ingin membeli tanaman hias di rumahnya, sehingga pangsa pasarnya sangat luas untuk usaha tanaman hias ini.

5. Toko Sembako

Usaha toko sembako masih memiliki pangsa pasar yang luas di daerah pedesaan. Karena masyarakat di kampung atau desa masih membeli kebutuhan pokok di warung atau toko sembako ketimbang supermarket.

Kunci utama untuk jualan sembako adalah produk yang lengkap. Jika sudah lengkap akan ada pelanggan setia dan makin banyak orang yang belanja di toko sembako Anda.

Itulah beberapa peluang usaha ibu rumah tangga di desa yang dapat Anda coba. Untuk memulai usaha di atas, Anda tentu saja memerlukan modal meskipun tidak begitu besar. Selamat mencoba!