7 Jenis Instrumen Investasi Terbaik

 

            Investasi merupakan simpanan yang mempunyai nilai dan bisa menguntungkan. Ada investasi dengan jangka waktu yang lama, dan jangka waktu yang sebentar. Untuk jangka waktu sebentar ini,maksudnya adalah jika barang atau suatu investasi tersebut dalam waktu singkat bisa menguntungkan seseorang. Salah satu contohnya adalah buku. Kita bisa membuat suatu karya berupa buku, kemudian kita jual dan produksikan. Jika ada penerbitan untuk kedua dan kesekian kalinya, kita akan mendapat royalti dari penjuaanan buku tersebut. Tidak mudah memang untuk memiliki investasi, karena kita harus mengetahui apakah investasi yang kita simpan bisa menguntungkan atau tidak. Selain itu, investasi tersebut apakah memiliki nilai jual yang tinggi. Sebelum kita melangkah lebih jauh untuk mengambil investasi, baiknya kita pelajari unttung ruginya investasi.

            Sudah banyak investasi yang bermunculan hingga saat ini. Bahkan banyak marketing menawarkan investasi yang menggiurkan.Tetapi kita tidak boleh asal percaya dengan seorang marketing, karena banyak yang menjadi penipu dan uang kita tidak bisa diambil kembali. Lebih baik pilih investasi yang sudah jelas terpercaya dan bisa menguntungkan. Ada beberapa investasi yang paling banyaj diminati oleh masyarakat, diantaranya adalah:

1. Emas

Sudah tidak asing jika investasi emas menjadi pilihan pertama. Hampir semua orang mengetahui jika kita menyimpan emas dalam jangka waktu beberapa tahun, kita akan untung dan bisa menghasilkan banyak uang. Ini semua karena adanya inflasi. Jadi jika kita membeli emas 1 gram pada tahun 2018 seharga Rp. 500.000. lalu tahun 2021 kita jual emas tersebut dengan harga satu juta. Maka kita sudah mendapat untung 500 ribu. Ada dua jenis emas yang bisa dijadikan simpanan jangka panjang, yakni emas perhiasan dan emas logam mulia. Lebih baik kita pilih emas logam mulia, agar tidak ada potongan untuk toko dan lainnya.

2. Saham

Banyak anak muda yang sudah bermain saham. Mereka paham bila memiliki saham setidaknya kita akan tetap untung meskipun sedang krisis. Saham ialah kepemilikan perusahaan, sehingga ada nama kita di dalam perusahaan tersebut. Perputaran perusahaan yang menghasilkan, akan membuat uang kita juga mengalir disana.

3. Rumah

Rumah masih menjadi investasi jangka panjang yang dimiliki beberapa orang. Rumah bisa dijdaikan tempat untuk beristirahat, dan berkumpul. Rumah bisa dijual belikan dan dijadikan kontrakan atau tempat kos. Jika kita ingin menjual rumah, pastikan memahami daerah rumah tersebut. Lalu juga pilih yang memiliki air bersih lebih bagus lagi jika letak rumah lebih tinggi dari jalan raya.  Hal ini untuk menghindari banjir.

4. Tanah

Orangtua lebih memilih tanah kosong untuk dijadikan investasi. Karena harga tanah setiap tahun semakin mahal. Tanah bisa dijadikan kavling, atau tempat ruko. Selain itu, tanah juga bisa kita jadikan bangunan sendiri.

5. Sawah

Memiliki sawah di pedesaan sangat menguntungkan. Kita bisa menjadikannya lahan untuk menanam segala jenis tanaman. Misalnya yang tinggal di pegunungan, bisa menanam cokelat dan teh. Untuk di dataran rendah menanam cabai dan padi.

6. Deposito

Siapa sangka deposito bisa menjadi investasi yang menguntungkan pula. Kita menabung dengan jumlah ratusan juta, dan mendapatkan bunga dari tabungan tersebut. Lebih aman jika kita menabung di bank yang ternama.

7. Defi

Apa itu DeFi? Defi merupakan singkatan dari decentralized finance. Defi ini berjalan diatas blockchain etherium, dengan menggunakan kripto sebagai salah satu mata uangnya.

Inilah beberapa jenis instrumen investasi terbaik yang bisa membuat kita lebih kaya lagi. Gunakan uang sebaik mungkin agar bisa diputar dan lebih menghasilkan. Download Coinomo di Play Store, dan download Coinomo di App Store untuk investasi.