8 Jenis Meja Makan Berdasarkan Desain Kaki dan Materialnya

MELLTORP/ADDE meja dan 4 kursi, putih/hitam, 125x75 cm | IKEA Indonesia

Meja makan adalah perabot terpenting yang harus ada di ruang makan. Fungsinya? Tentunya, menempatkan makanan sedemikian rupa sehingga semua anggota keluarga dapat menikmati makanan dengan nyaman tanpa harus terus-menerus memegang piring.

Di antara sekian banyak model meja makan, meja makan minimalis yang paling banyak diminati masyarakat. Agar tidak penasaran lagi, langsung saja simak beberapa jenis meja makan minimalis yang bisa Anda gunakan di rumah berikut ini!

 

  1. Meja Makan Pedestal

Selain meja makan minimalis dengan dua kaki, ada juga meja makan yang hanya memiliki satu kaki. Meja makan minimalis ini disebut dengan meja pedestal.

Meja jenis ini biasanya berbentuk bulat dan berukuran sedang. Kaki meja berada di tengah meja dengan beberapa rakitan balok sebagai alasnya.

 

  1. Meja Makan Berkaki Sawhorse

Kaki meja makan minimalis tidak selalu harus lurus dan memiliki empat kaki, meja makan minimalis juga bisa terlihat unik dengan kaki meja sawhorse atau berbentuk segitiga seperti ini.

 

  1. Meja Makan Lipat

Butuh meja makan ekstra minimalis saat banyak tamu? Anda bisa menggunakan meja makan minimalis yang bisa dilipat seperti ini. Saat tidak digunakan, Anda bisa menyimpan meja lipat ini di tempat penyimpanan.

Kapan pun Anda ingin menggunakannya, Anda dapat membuka lipatannya dan meletakkannya di mana pun Anda suka. Meja makan lipat minimalis ini cocok untuk Anda yang tinggal di rumah kecil atau sering mengadakan acara kumpul-kumpul di halaman belakang.

 

  1. Meja Makan Ala Jepang

Jika Anda menonton film Jepang kuno, Anda akan sering menemukan meja makan minimalis dengan kaki pendek. Meja makan minimalis dengan kaki pendek ini bernama Chabudai.

Bisakah Anda duduk bersila di meja makan seperti itu untuk waktu yang lama atau tidak?

 

  1. Meja Makan Trestle

Sebuah meja biasanya memiliki empat kaki di setiap sudut untuk memungkinkan berat meja seimbang dan ditopang. Berbeda dengan bentuk meja lainnya, meja makan trestle minimalis ini hanya terdiri dari dua kaki.

 

  1. Meja Makan Keramik

Keramik yang telah mengakar di benak masyarakat sebagai lantai, ternyata bisa digunakan untuk mendandani meja makan. Meja makan minimalis dengan finishing berlapis keramik ini lebih mudah dibersihkan saat terkena sisa makanan. Ketahanan juga teruji dari meja makan jenis ini. Untuk tampil cantik, pilihlah keramik berwarna cerah dengan pola simetris.

 

  1. Meja Makan Abstrak

Meja makan tidak selalu harus berbentuk bulat, persegi atau persegi panjang. Anda juga dapat menggunakan tabel secara abstrak.

Misalnya meja makan minimalis abstrak yang terbuat dari kayu berukuran besar. Meja makan berbentuk abstrak ini dapat menciptakan suasana dinamis dan nuansa natural, apalagi jika dipadukan dengan kursi makan yang juga terbuat dari kayu yang serasi.

 

  1. Meja Makan Kaca

Meja makan minimalis dengan bahan kaca memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah ruang makan yang kecil bisa tampil lebih luas karena mejanya transparan.

Selain itu, ruangan tampak lebih cerah, dan bahan kaca juga mudah dibersihkan. Namun, jenis meja makan minimalis ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti bahannya yang mudah pecah saat dipukul.

Anda juga harus berhati-hati agar tidak tergores saat makan, sehingga meja makan minimalis dengan bahan kaca ini tidak disarankan untuk keluarga dengan anak yang masih aktif beraktivitas.