Cara Melindungi Kode OTP

Pemakaian kode OTP (one-time password) melalui SMS atau email akhir-akhir ini semakin marak. Kode OTP dipakai oleh sejumlah platform pembayaran digital misalnya Grab, Gojek, dan juga media sosial seperti Instagram atau Facebook.

Karena perannya yang sangat penting, kode OTP juga sangat rawan peretasan. Maka dari itu anda harus selalu melindunginya agar tidak dibobol oleh peretas. Berikut ini kami berikan ulasan mengenai cara melindungi kode OTP yang bisa anda lakukan.

1. Selalu teliti dan waspada

Apabila nanti anda memperoleh informasi maupun dihubungi pihak perbankan, anda harus waspada. Hal ini karena hanya dapat menghubungi seseorang yang memiliki alamat dan nomor jelas.

2. Menjaga keamanan kode

Untuk menjaga data  serta akses keamanan layanan anda, pastikan untuk tidak memberikan kode OTP anda pada siapa pun. Apabila ini terjadi, berarti anda sudah memberikan akses bagi orang lain untuk melakukan tindak kejahatan atau kriminal misalnya peretasan akun anda.

3. Mengganti kata sandi secara berkala

Untuk meminimalisir tindakan kriminal oleh seseorang, anda bisa mengganti kata sandi secara berkala. Buatlah kata sandi dengan kombinasi huruf dan angka demi menjamin keamanan akun anda.

Ini bisa membantu anda untuk melindungi akun supaya tidak mudah diretas, misalnya alamat rumah, tanggal lahir dan lainnya.

4. Jangan berikan akses untuk orang lain

Untuk melindungi kode OTP anda, pastikan untuk tidak memberikan kartu atau akses pada orang lain. Misalnya apabila anda melakukan pembayaran di kasir, resto atau yang lain hindari hal-hal yang mengakibatkan kebocoran data.

5. Jangan gampang percaya dengan iming-iming hadiah besar

Di era sekarang ini banyak yang memperoleh SMS atau email berisi alasan menang undian atau hadiah. Ini harus anda waspadai guna meminimalisir hal-hal buruk yang mungkin terjadi.

6. Update aplikasi

Usahakan untuk update aplikasi anda secara berkala dan verifikasi dua langkah untuk menghindari tindak kriminal.

Demikian ulasan mengenai cara melindungi kode OTP dari tindak kriminal atau hal yang tidak diinginkan. Bagi anda yang sedang mencari layanan OTP ke semua negara baik untuk kebutuhan medsos atau lainnya maka anda dapat menghubungi Jasa OTP sekarang juga.