Cara Membuat Jilid Soft Cover dengan Mudah

Jenis jilid ini termasuk yang banyak digunakan di bidang percetakan. Cara membuat jilid soft cover pun sangat mudah bahkan Anda bisa melakukannya sendiri jika memiliki alat-alatnya. Namun, untuk hasil lebih maksimal tentu lebih baik membawana ke jasa percetakan terpercaya.

Cara Menjilid Soft Cover

Bagi yang penasaran bagaimana jasa cetak buku menjilid dengan teknik soft cover, maka bisa mengikuti bebeapa langkah berikut ini:

1. Menyiapkan Dokumen

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah menyiapkan dokumen terlebih dahulu yang masih dalam bentuk lembaran. Agar lebih rapi, masukan lembaran dokumen terrsebut ke dalam holder sehingga sisi-sisinya bisa sama rata.

2. Staples Dokumen

Jika semua sisi sudah sama rata, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mensteples dokumen tersebut agar menjadi satu dan tidak mudah tercecer. Minimal jumlah anak steples yang harus disematkan adalah 3 hingga 5 buah. Lakukan hingga semuanya disteples dengan sempurna.

3. Ratakan Menggunakan Palu

Setelah semua steples terpasang dengan sempurna di atas lembaran kertas yang disatukan tersebut, jangan lupa untuk meratakannya dengan palu agar nantinya tidak merusak cover atau sampul.

4. Memotong Dokumen

Langkah ini diperlukan untuk merapikan dokumen-dokumen terutama pada bagian sisis dekat anak steples. Pemotongan sebaiknya dilakukan menggunakan alat potong agar hasilnya lebih rapi dan tidak lebih dari 0,5 cm.

5. Buat Cover atau Sampul

Anda bisa membuat cover dengan cara men-scan atau mencetaknya langsung dengna printer. Gunakan kertas yang lebih tebal dari isi dokumen khusus untuk bagian cover. Cara membuatnya bisa dengan software seperti Photoshop, Microsoft Word, dan lain sebagainya.

6. Laminasi Cover

Cover yang telah dicetak sebaiknya dilaminasi terlebih dahulu agar buku lebih awet dan tahan lama. Sesuaikan ukuran plastik laminasi dengan cover agar pas sehingga tidak terjadi kerutan atau kerusakan.

7. Tandai Lipatan

Lipat cover yang telah dicetak di atas dokumen yang telah disteples tersebut sesuai dengan tanda yang telah dibuat sebelumnya. Baik dengan cara mengukur menggunakan penggaris atau mengaplikasikannya secara langsung.

8. Penjilidan

Letakkan dokumen di atas cover dan oleskan lem secara merata pada bagian yang akan direkatkan.

Cara membuat jilid soft cover di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang penasaran atau ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah.