Cara Membuat Tempe Bacem gurih dan enak khas Jogja

Makanan baceman seperti tempe atau tahu bacem merupakan salah satu makanan khas jawa tengah yang memiliki cita rasa manis. Yang unik dari makanan satu ini adalah bahwa setiap daerah memiliki cita rasanya masing-masing. Cara membuat tempe bacem tergolong mudah dan tidak ribet karena bacem merupakan cara pengolahan makanan untuk mengawetkan produk tempe dan tahu. Bacem sendiri memiliki makna direndam dalam air gula atau garam supaya bahan makanan menjadi awet.

Cara Membuat Tempe Bacem Mudah ala Yogyakarta

Tempe bacem merupakan salah satu makanan sederhana di rumah yang cocok untuk disantap dengan nasi hangat. Cara membuat makanan ini juga tidak digoreng lagi karena hanya cukup diberi sedikit minyak saat bumbu mulai kering. Dengan begitu, baceman akan terasa lebih lezat karena bumbu akan menempel sempurna di tempe. Tempe baceman khas Yogyakarta sendiri banyak disukai oleh banyak orang. Jika anda penasaran untuk membuat makanan satu ini, berikut ini bahan-bahannya.

  • 4 buah tempe ukuran sedang
  • 1 liter air kelapa
  • 50 gram gula jawa
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 lembar daun salam
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm air asam jawa
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Selain bahan-bahan tersebut diatas, kalian juga perlu menyiapkan beberapa bumbu sehingga baceman akan memiliki cita rasa yang gurih nikmat khas Jogja. Adapun bumbu halus cara membuat tempe bacem adalah sebagai berikut:

  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih

Cara Membuat Tempe Bacem dan Langkah-Langkahnya

Ada beberapa langkah untuk membuat tempe bacem. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengiris tempe bacem menjadi 3 bagian yang sama besar dan jangan lupa untuk menyayat permukaannya. Setelah itu, jangan lupa untuk memblender semua bumbu halus. Kemudian, rebus bersama dengan air kelapa, gula jawa, dan potongan tempe.

Setelah itu, gunakan api kecil ketika merebus baceman. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil karena bisa membuat bumbu meresap secara merata dan sempurna sehingga akan menjaga tempe bacem tetap basah.

Selanjutnya, tambahkan lengkuas kecap manis, gula jawa, daun salam, dan air asam jawa kemudian rebus kembali hingga air menyusut. Ketika memasak, jangan lupa untuk menutup panci. Hal ini penting selain bisa membuat baceman cepat matang juga bisa menjadikan tempe bacem semakin terasa bumbunya yang meresap.

Agar lebih legit lagi, maka ada baiknya jika anda merendam tempe bacem kedalam air baceman selama semalaman. Pagi harinya, anda bisa menggoreng tempe bacem dengan minyak panas. Jika berubah kecoklatan maka bisa diangkat dan tiriskan.

Itulah beberapa langkah cara membuat tempe bacem khas Jogja. Dengan cara-cara tersebut diatas maka anda bisa membuat tempe bacem khas Jogja hanya sekedar untuk mengingat kembali masa-masa di Jogja yang penuh dengan nostalgia.

Cara membuat tempe bacem bisa dilakukan dengan mudah karena makanan ini membutuhkan proses simpel dan bumbu yang cukup sederhana.