Cara Mudah Legalisir Dokumen ke KEMENKUMHAM dan KEMENLU RI

Dokumen menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Pasalnya, dengan dokumen seseorang bisa menunjukkan bukti yang nyata terkait informasi. Apalagi jika Anda ingin ke luar negeri. Pastinya akan membutuhkan legalisir Kemenkumham terkait dokumen yang dibutuhkan.

Cara Legalisir Dokumen ke Kemenkumham

Beberapa dokumen yang diurus dalam kemenkumham adalah ijazah, surat berharga yang bisa diterjemahkan dan dilampirkan untuk memenuhi syarat. Nantinya, akan mendapat legalitas sebagai bukti atau nilai sah suatu dokumen. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melegalisir dokumen.

1.      Melakukan Translate Dokumen ke Bahasa Asing

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan translate dokumen ke dalam bahasa asing. Anda bisa melakukannya melalui penerjemah tersumpah yang resmi terdaftar di Kemenkumham. Nantinya penerjemah tersebut akan membantu mentranslate dokumen agar bisa mendapat legalitas tanpa kendala.

2.      Melakukan Register Online

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah register online. Caranya dengan membuka situs atau website legalisasi AHU dan memilih pemohon. Setelah itu, lakukan registrasi dengan memasukkan username, email, password, dan data diri pada situs tersebut. Anda bisa melakukan verifikasi akun, lalu gunakan akun tersebut untuk mengurus dokumen.

3.      Membuat Laporan

Setelah melakukan register online atau membuat akun, maka Anda bisa membuat laporan dengan mudah. Caranya dengan login pada situs atau website AHU dengan username dan password yang sudah dibuat. Setelah berhasil login, pilihlah permohonan dan tekan menu daftar permohonan. Lalu, isi data pemohon sesuai dengan petunjuk yang tersedia.

4.      Mengupload Berkas

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mendapatkan legalitas dokumen adalah mengupload berkas. Anda harus memperhatikan jenis dokumen, nomor dokumen, nama pejabat, jabatan, instansi penerbit dokumen, jumlah dokumen, tujuan negara, dan tanggal dokumen. Pastikan data yang diisi benar agar tahapan legalisasi menjadi lancar.

5.      Membayar Legalisasi Dokumen

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran legalisasi dokumen. Biasanya pembayaran dilakukan pada bank yang sudah ditunjuk. Jika pembayaran sudah dilakukan sesuai dengan instruksi, simpan bukti pembayaran yang nantinya ditukarkan untuk klaim stiker. Setelah itu, bawalah bukti pembayaran dan dokumen asli di Kemenkumham.

6.      Cara Legalisir Dokumen di Kemenlu

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melegalisir dokumen di Kemenlu, antara lain:

  • Menyiapkan dokumen dalam bentuk soft file
  • Mengunduh aplikasi Legaliasi Dokumen di Play Store
  • Unduh Petunjuk Permohonan Layanan Legalisasi Dokumen berupa PDF manual di situs kemlu.go.id
  • Nantinya Anda akan mendapat email dan pemberitahuan jika permohonan sudah diterima
  • Tunggu selama 2 jam untuk mendapatkan informasi terkait pembayaran
  • Jika sudah melakukan pembayaran, Anda akan mendapat kuitansi dari aplikasi
  • Catat nomor permohonan di map dan setor ke Kemenlu

Jika cara legalisir Kemenlu di atas rumit bagi Anda, maka bisa mencoba menggunakan jasa dari Jangkar Global Groups. Perusahaan tersebut menyediakan biro jasa pembuatan visa, jasa legalisasi dokumen dan ijazah, jasa keimigrasian, jasa pengurusan menikah dengan WNA, dan lain sebagainya. Mau mencoba jasa tersebut?