Cara Munulis Daftar Pustaka dari Buku

Daftar pustaka merupakan kumpulan referensi yang dirujuk pada sebuah karya yang sudah dibuat. Dengan kata lain, daftar pustaka ini harus ada ketika Anda mengutip karya dari orang lain. Ketika Anda melakukan pengutipan, maka Anda juga hruss membuat sebuah dftar yang berisi informasi mengenai siapa dan topik yang sedang dirujuk ke Mustakim.org.

Cara Menulis Daftar Pustaka

Daftar pustaka dikenal sebagai referensi untuk memberikan detail informasi kepada para pembaca terkait dengan sumber rujukan. Dengan begitu, maka setiap pembaca pun bisa mendapatkan pemahaman akan sumber yang penulis ambil.

Nama Penulis

Tulis nama belakang dari penulis terlebih dahulu. Setelah itu, diikuti dengan tanda koma dan inisial nama depannya. Jika dalam buku terdapat gelar-glar penulisnya, maa gelar tersebut tidak perlu Anda tulis dalam daftar pustaka tersebut.

Contoh: Lestari, Dewi.

Tahun Terbit

Setelah Anda menuliskan nama pelunis, maka tuliskan tahun terbt buku yang Anda jadikan sebagai acua tersebut. Jika sudah, tulis juga tanda buka kurung dan tutup kurung untuk menggapit tahun terbit tersebut.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006).

Judul Buku

Setelah menuliskan nama penulis dan tahun terbit bukunya, maka Anda bisa menuliskan judul dari buku yang Anda gunakan sebagai referensi. Perlu Anda ingat, bahwa untuk menulisan judul buku ini harus dengan tulisan yang miring atau italic.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi.

Tempat Terbit

Tuliskan juga tempat terbit dari buku yang Anda jadikan sebagai referensi. Jika sudah, silahkan Anda tulis juga tanda titik dua setelah tempat diterbitkannya buku tersebut.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta.

Nama Penerbit

Cara menulis daftar pustaka yang terakhir adalah dengan menuliskan nama penerbit dari buku yang Anda jadikan sebagai referensi.

Contoh: Hirata, Andrea. (2006). Sang Pemimpi. Yogyakarta: Bentang.

Bagi Anda yang ingin membuat atau menulis daftar pustaka dari sebuah buku, maka bisa menggunakan jasa referensi dari tips terbitkan buku dari Wattpad. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk membuat daftar pustaka.