Cermati Apa Saja Manfaat Protein yang Dibutuhkan Oleh Anak

Saat sedang dalam masa pertumbuhan, anak memang membutuhkan banyak asupan gizi salah satunya protein. Manfaat protein sendiri memang sangat banyak, sehingga tak heran jika mereka membutuhkannya dalam jumlah yang sangat besar. Bisa dibilang ini yang paling utama dibanding nutrisi lainnya seperti karbohidrat ataupun lemak.

Namun, tak banyak orang tua yang tahu apa saja manfaat lain dari protein. Oleh karena itu, agar lebih memahaminya di bawah ini akan dibahas tentang beberapa manfaat dari protein sebagai berikut ini!

1. Sebagai Sumber Energi

Sumber energi salah satunya bisa didapatkan dari protein, tak hanya dari karbohidrat saja. Nantinya dalam sistem pencernaan yang akan diolah terlebih dahulu tentu saja karbohidrat dan lemak, sedangkan protein akan digunakan sebagai energi cadangan.

2. Bantu Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Proses mencerna dan juga mengubah makanan menjadi energi disebut juga dengan metabolisme. Adanya protein mampu membuat proses metabolisme ini semakin cepat yang mana akan membuat kalori di dalam tubuh semakin banyak pula yang terbakar. Dengan kalori yang terbakar inilah anak tidak akan mengalami berat badan berlebih karena tak ada lagi timbunan kalori dalam bentuk lemak dalam tubuhnya.

3. Menjadikan Anak Kenyang Lebih Lama

Anak yang aktif dalam kesehariannya kadang akan merasa lapar terus-menerus. Jika tidak dikontrol dengan baik, maka mereka akan mengalami kenaikan berat badan yang bisa jadi berlebihan dan tidak baik untuknya. Oleh karena itu dianjurkan untuk konsumsi makanan yang memiliki protein tinggi supaya si kecil tetap kenyang lebih lama. Ini juga menghindari mereka makan dan minum camilan yang mengandung banyak gula atau garam.

4. Bermanfaat Untuk Pembentukan Antibodi

Si kecil memiliki daya tahan tubuh yang cukup rentan, apalagi di musim banyaknya virus dan bakteri yang bertebaran. Untuk itu Anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dengan banyak mengkonsumsi makanan mengandung protein. Pasalnya, protein memang bermanfaat untuk membentuk antibodi yang dapat menangkal virus atau bakteri.

Dengan begini maka anak akan lebih tahan terhadap serangan penyakit dan tidak sering drop kondisi kesehatannya. Tubuh akan menangkal berbagai virus dan bakteri dengan lebih baik sehingga anak tidak akan sakit. Makanan yang mengandung protein sendiri ada begitu banyak seperti misalnya saja telur, daging merah tanpa lemak, jamur, alpukat, susu dan lain-lain. Berikan makanan tersebut secara bergantian agar si kecil tidak bosan.

Begitu banyak manfaat protein yang bagus untuk masa pertumbuhan si kecil. Sehingga para orang tua harus memenuhi kebutuhan protein tersebut dengan baik agar masa pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik. Menemukan makanan yang mengandung protein sendiri sangat mudah, dan jangan lupa untuk memberikan tambahan susu tumbuh kembang jika asupan protein yang didapatkan kurang.