Ini Alasan Mengapa Pisang Ambon Jadi Favorit Masyarakat, Bahkan Sampai Diekspor Ke Luar Negeri

Indonesia memang merupakan tanah yang subur untuk beragam jenis buah dan juga sayuran dapat tumbuh. Salah satu diantaranya adalah buah pisang. Meskipun pada dasarnya bukan termasuk buah asli Indonesia. Namun dalam perkembangannya bahkan hampir semua jenis pisang dapat tumbuh subur di dalam negeri. Banyak diantaranya yang bahkan sampai diekspor hingga ke luar negeri, seperti jenis pisang ambon.

 Apa Itu Pisang Ambon?

Seperti yang diketahui bahwa jika berbicara mengenai jenis pisang yang ada di Indonesia maka ada banyak sekali, salah satunya yang tentu sudah tidak asing bagi Anda adalah pisang ambon. Buah yang memiliki nama latin Musa Paradisiacal ini berasal dari kawasan Asia Tenggara yang kemudian menyebar hingga ke berbagai penjuru dunia. Rasa buahnya sendiri terbilang begitu manis, apalagi ketika sudah matang. Juga dapat diolah menjadi beragam jenis hidangan menggugah selera yang lainnya. Pisang ambon ini paling dikenal karena memiliki ukuran daging yang besar dan bentuk cantik. Layaknya representasi pisang setiap orang, yaitu berukuran panjang dan melengkung

Jenis-Jenis Pisang Ambon

Pisang ambon tak hanya ada satu jenis, melainkan 2 jenis, berikut ini diantaranya yang patut diketahui, yaitu:

  1. Pisang ambon kuning, jenis yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi Anda, ia memiliki kulit luar yang asli kuning dengan sedikit kemerahan. Dari segi rasanya juga terbilang lebih manis dibandingkan dengan pisang ambon putih dengan ukuran panjang dan setidaknya memiliki jumlah 7 hingga 9 sisir dalam satu tandan.
  2. Pisang ambon putih, pisang ambon putih ini dikenal juga dengan nama pisang cavendish. Untuk nama yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi Anda bukan. Sekilas memang tampak mirip dengan pisang ambon kuning, namun warna kulitnya cenderung lebih muda kuningnya tanpa ada warna merah. Rasanya sendiri manis namun sedikit ada sensasi asam. Jumlahnya lebih banyak karena ada 10 hingga 14 sisi pertandan.

Mengapa Pisang Ambon Sangat Diminati Masyarakat?

Faktanya jenis pisang yang satu ini juga termasuk yang begitu populer bahkan ada begitu banyak peminatnya. Berikut ini beberapa alasannya yang patut diketahui:

  1. Bentuknya yang cantik, dibandingkan dengan jenis pisang yang lainnya, maka tak dapat dipungkiri jika seandainya pisang ambon inilah yang benar-benar merepresentasikan sebuah pisang, berukuran panjang dan bentuknya melengkung.
  2. Memiliki kulit yang mulus dengan warna yang bersih, pada bagian kulit luarnya sendiri jika dilihat pisang ini juga memiliki tekstur mulus, ditambah lagi tampak bersih sehingga terasa nikmat. Sehingga jika Anda datang ke supermarket maka pisang ini yang paling banyak dipajang.
  3. Ukurannya besar, ukuran daging pisang ambon juga besar, itulah mengapa meskipun hanya makan satu buah saja, namun cukup untuk membuat Anda menjadi kenyang.
  4. Merupakan komoditi pisang untuk diekspor, karena memang banyak peminatnya, tak dapat dipungkiri jika seandainya pisang satu ini paling banyak diekspor ke beberapa negara lain. Membuat harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan pisang lainnya.

Produk pisang yang satu ini bisa Anda beli lewat TaniHub untuk lebih mudahnya. Karena memang belanja bisa dilakukan secara online tanpa Anda harus datang ke tokonya langsung. dijamin kualitas produk-produk mereka masih dalam kondisi yang segar. Karena didapatkan secara langsung dari para petani Indonesia yang baru panen. Jadi berbelanja disini sama artinya Anda berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian lokal.