Kelebihan Dan Kerugian Saat Memiliki Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Dalam pemilihan asuransi mobil terdapat dua jenis asuransi yang ada yakni asuransi all risk dan TLO.   Untuk kategori asuransi total loss only atau TLO, maka anda akan mendapatkan premi dengan biaya yang rendah tapi hanya boleh klaim asuransi jika kerusakan atau kehilangan mobil di atas 75%. Namun tentu saja untuk asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Bagi Anda yang memang ingin membeli asuransi jenis TLO, maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu keuntungan dan kerugian ketika memiliki asuransi mobil TLO. Berikut akan dijelaskan selengkapnya.

Keuntungan

  • Premi Terjangkau, tentu banyak orang yang tergiur dengan Asuransi total loss only karena memang biaya preminya sangat rendah berkisar di angka 0,8 sampai 0,1% dari harga jual kendaraan. Jadi misalnya mobil anda memiliki harga jual sekitar 200 juta, maka biaya premi yang harus dibayarkan sekitar 1,6 juta sampai 2 juta saja. Ini tentu akan lebih murah jika dibandingkan dengan premi asuransi mobil all risk yang biayanya mencapai 2,5% dari harga jual kendaraan. Hal yang sama juga terjadi ketika anda menambah perluasan tanggungan asuransi mobil Pada kategori asuransi TLO. Di mana biaya tambahan nya juga cukup murah di angka 0,05 sampai 0,3% saja. Jika dilihat pada perluasan tanggungan untuk biaya premi asuransi Oris bisa tiga kali lipat harga premi asuransi dari TLO.
  • Adanya Dana Cadangan Untuk Kebutuhan Lain, perlu diketahui pula pada asuransi total loss only yang memiliki biaya servis cenderung terjangkau Anda bisa melakukan pengalihan dana tersedia untuk kebutuhan lain. Seperti misalnya untuk perawatan mobil yang wilayahnya di kategori risiko tingkat kecelakaan tinggi. Sehingga ini merupakan salah satu keuntungan bila Anda memilih asuransi total loss only.

Kekurangan

  • Tidak Ada Tanggungan Untuk Semua Resiko Kecelakaan, pada asuransi mobil jenis total loss only Anda tidak akan mendapatkan tanggungan untuk semua resiko kecelakaan. Apalagi untuk resiko kecelakaan dengan kerusakan mobil yang ringan seperti lecet pada body mobil hingga baret-baret ataupun penyok. Sehingga jika anda mengalami hal ini, tetap harus mengeluarkan biaya tersendiri untuk ganti rugi kerusakan mobil yang ringan.
  • Lebih Boros Biaya

Perlu diingat pula bahwa jika memilih asuransi mobil total loss only meski biaya premi nya rendah tapi tidak mencakup semua perlindungan. Jadi untuk perlindungan pada mobil yang kerusakannya ringan, anda wajib mengeluarkan biaya lagi.

Dengan melihat kondisi ini, Apakah Anda bisa melakukan analisa sendiri bahwa untuk asuransi jenis total loss only akan lebih boros biaya. Sebab anda hanya bisa klaim asuransi untuk kerusakan mobil di atas 75%. Bisa dibilang, meski preminya rendah tapi anda wajib mengeluarkan biaya kembali untuk kerusakan-kerusakan tak terduga terutama pada kerusakan ringan yang tidak di cover oleh jenis asuransi ini.

Sekarang tentu anda sudah tahu apa saja keuntungan dan kerugian memilih asuransi mobil total loss only atau TLO. Anda bisa menyimpulkan sendiri ingin memilih jenis asuransi ini atau tidak, itu merupakan keputusan masing-masing. Namun bagi yang jarang bepergian dengan mobil pribadi, yang terbaik adalah dengan menggunakan asuransi total loss only karena resiko kerusakan mobil juga cukup kecil. Untuk pembelian asuransi mobil terbaik dari perusahaan asuransi terbaik pula, maka Anda bisa kunjungi platform pasar asuransi online terbaik yaitu Lifepal. Di platform ini anda akan mendapatkan diskon premi hingga 25%.

Selain itu, pembelian asuransi kesehatan dari pemerintah dan swasta seperti BPJS Kesehatan misalnya, bisa dilakukan lewat platform Lifepal ini. Informasi lebih lengkap, bisa anda kunjungi website resmi Lifepal sekarang juga.