Mengenal HDPE, Material Plastik yang Aman untuk Jerigen

Dalam sehari-hari, Anda mungkin sudah tidak asing dengan jerigen plastik. Benda ini sering digunakan untuk membawa cairan dalam jumlah banyak dengan aman dan tertutup. Jerigen berfungsi membawa produk berbentuk cair, baik itu makanan, bahan bakar atau bahan kimia.

Sehingga jerigen harus terbuat dari material yang berkualitas dan aman tentunya. Bahan plastik yang digunakan untuk membuat jerigen adalah HDPE (High-Density Polyethylene). Lapisan HDPE inilah yang membuat tampilan jerigen menjadi buram karena memang sifatnya yang akan buram setelah diproses.

Apa itu HDPE?

HDPE  (High-Density Polyethylene) adalah polimer termoplastik yang terbuat dari proses pemanasan minyak bumi. Sifat dari HDPE ini keras, tahan terhadap suhu tinggi, dan dapat dibentuk menjadi berbagai macam benda tanpa kehilangan kekuatannya.

Plastik HDPE dibuat dengan cara memanaskan minyak bumi menggunakan suhu tinggi (cracking) yang menghasilkan gas etilen. Molekul gas tersebut akan berkumpul dan diolah menjadi polimer, bahan utama dari polyethylene . Lalu hasil akhir berupa gumpalan mentah

HDPE dikenal kuat dan mudah dibentuk karena telah melewati proses pemanasan.  Sehingga barang yang terbuat dari HDPE plastik akan melalui proses HDPE blow molding. Contohnya adalah pada pembuatan botol, jerigen 5 liter hingga 20 liter, kotak makan dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan HDPE Plastik

1. Tahan Korosi

HDPE merupakan satu-satunya jenis plastik yang tahan korosi dan mampu menahan efek cuaca serta pengaruh bahan kimia seperti asam, basa, deterjen dan lainnya. Hal ini karena kepadatan material pada plastik ini yang membuat cairan tidak mudah meresap atau tembus.

2. Daya Tahan yang Kuat

Jenis plastik ini kuat karena memiliki sedikit cabang dan ikatan molekul yang teratur. Sehingga hal tersebut menciptakan kekuatan dan daya tahan luar biasa terhadap benturan atau tekanan.

3. Mudah Didaur Ulang

HDPE sangat mudah di daur ulang dengan melalui beberapa proses hingga pelelehan. Plastik leleh ini kemudian akan menjadi serpihan untuk digunakan kembali dalam proses manufaktur.

Kekuatan jerigen untuk membawa cairan dan ketahanannya memang tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa menggunakan jerigen untuk membawa produk cairan dengan aman tanpa khawatir terkontaminasi. Salah satu perusahaan yang jual jerigen 5 liter adalah PT. Indo Daisun Sakti dengan harga terjangkau dan berkualitas.