Tidur Anak Terganggu? Coba 5 Cara Simpel Ini!

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang dibutuhkan manusia untuk mengembalikan energi yang hilang. Bagi anak-anak, tidur siang dan malam hari bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik. Tidur berkualitas akan mendukung perkembangan fisik dan mental anak lebih optimal. Ajarkan doa sebelum tidur agar anak mendapatkan kualitas tidur yang bermanfaat setiap hari, ya!

Cara mengatasi anak yang mengalami gangguan tidur

Gangguan tidur bisa melanda siapa saja tanpa pandang bulu, termasuk si kecil pun. Anak yang mengalami gangguan tidur lebih rentan sakit dan mengalami gangguan emosional dalam kehidupan sehari-hari. Coba cara mengatasi anak yang mengalami gangguan tidur berikut ini!

  • Hentikan aktivitas anak jelang tidur

Kebiasaan anak bermain jelang tidur bisa mengganggu kualitas tidur anak pada malam hari, lho. Apalagi anak-anak yang suka bermain sebelum tidur, sebaiknya terapkan aturan baru. Minimal anak harus berhenti bermain 3-4 jam sebelum jadwal tidur agar ia menikmati tidur yang berkualitas, alih-alih bangun pada tengah malam.

  • Memberikan camilan sehat sebelum tidur

Anak-anak bisa terbangun tengah malam bila kondisi perut sedang lapar. Berikan camilan sehat agar anak bisa tidur lebih nyenyak seperti kacang, sereal, pisang, segelas susu coklat, dan lain-lain. Kondisi perut yang kenyang bisa mendukung anak tidur lebih nyenyak. Namun, hindari memberikan teh atau kopi yang bisa memberi efek diuretik sehingga anak ingin pergi BAK pada malam hari.

  • Membuat suasana lebih nyaman 

Pastikan pula kamar tidur anak memiliki suasana yang lebih nyaman seperti kebersihan, kerapian, suhu udara tidak terlalu lembab, dan sebagainya. Anak bisa tidur lebih nyenyak dengan lampu yang redup atau matikan seluruhnya. Ajak dia memanjatkan doa sebelum tidur agar tidak mengalami mimpi buruk. 

  • Hindari bermain perangkat elektronik sebelum tidur

Pastikan Anda menerapkan aturan ketat terkait bermain ponsel terus menerus. Jangan biarkan anak bermain perangkat elektronik ini sebelum pergi tidur. Pasalnya, sinar biru pada ponsel, komputer atau peralatan elektronik lain bisa mempengaruhi keinginan tidur. Anak bisa saja mengalami gangguan tidur seperti insomnia yang berdampak pada kesehatan fisik dan mentalnya. 

  • Bacakan dongeng atau buku sebelum tidur

Ajak anak melakukan aktivitas yang bisa meningkatkan keinginannya untuk tidur lebih cepat dengan membaca buku bersama. Anak akan lebih rileks saat mendengar cerita dari Anda atau senandung lagu untuk anak yang berusia lebih dini. Jangan lupa memberi pelukan dan ciuman agar anak merasakan emosional hubungan dengan orang tua yang hangat. 

Tidur yang berkualitas sangat baik mendukung pertumbuhan anak menjadi lebih optimal. Jangan biarkan anak mengalami gangguan tidur karena mimpi buruk, terbangun tengah malam, susah tidur, dan sebagainya. Doa sebelum tidur dari Artikel Islami harus Anda ajarkan agar dia yakin bahwa Pencipta Kehidupan akan menjaga tidur sampai terbangun keesokan hari.