Tips Meniti Karir di Human Resouce

HRD merupakan kependekan dari human resource development. HRD diartikan manajemen sumber daya manusia. Sumber daya manusia atau karyawan ialah salah satu aset penting dalam perusahaan. Karena itu diperlukan divisi khusus yang bertugas mengelola semua itu yakni HRD.

HRD adalah komponen yang penting dari bisnis apa saja, baik perusahaan besar atau kecil. Tanggung jawab HRD meliputi kompensasi dan tunjangan, pemberhentian, perekrutan dan patuh pada undang-undang yang bisa mempengaruhi perusahaan dan karyawan.

Kadang kala HRD disebut juga personalia. Tetapi di beberapa perusahaan, peran bidang personalia berbeda dengan HRD. Berkaitan tanggung jawab, umumnya ruang lingkup personalia lebih kecil dibanding HRD.

Personalia fokus pada pengelolaan administratif, seperti payroll, database, filling dokumen, absensi dan sebagainya. Sedangkan HRD punya tanggung jawab yang lebih banyak dibanding personalia. Sejumlah contohnya yaitu general affair, training, rekrutmen dan seleksi, career development, HR planning dan pembuatan SOP.

Bagi fresh graduate, untuk memulai karir sebagai Human Resources Departement wajib belajar tentang tugas Human Resources, menyiapkan CV terbaik dengan menyebut skill yang dimiliki sesuai tugas Human Resources, belajar tentang tugas Human Resourcesdan bisa memulai sebagai Internship untuk mengeskplore kemampuan.

Umumnya dibutuhkan kualifikasi minimal lulusan D3 atau S1 dari Psikologi untuk menjadi HRD. Sebab proses psikotes pada rekrutmen hanya dapat dikerjakan oleh orang berlatar belakang psikologi. Tetapi sejumlah perusahaan menerima HRD dari jurusan lain, misalnya hukum dan juga manajemen.

Biasanya lulusan hukum yang berkarier di HRD berfokus pada aspek hukum yang ada di kepegawaian misalnya menyusun kontrak kerja karyawan. Sedangkan lulusan manajemen berfokus pada aspek administrasi dari HRD. Seperti absensi, payroll karyawan dan juga mengelola data karyawan.

Selain itu, berkarir di HRD bisa diawali dengan mengikuti bootcamp human resources seperti di Harisenin.com kelas terbaik 2022 pilihan Indonesia. Dalam kelas yang intensif dan dalam waktu yang singkat, kurikulum yang berkaitan dengan human resources bisa didapatkan.Bootcamp human resource juga bisa jadi pilihan bagi kalian yang ingin beralih karir sebagai human resources setelah sebelumnya meniti karir.

Referensi: Harisenin.com Kelas Terbaik Pilihan Indonesia